Banyak orang mendefinisikan yang berbeda tentang search engine marketing, termasuk para profesional dalam bidang SEO dan juga perwakilan dari web mesin pencari komersial seperti Google, Bing dan Yahoo. Perbedaan persepsi ini sangat umum, karena search engine marketing merupakan gabungan dua kata yang memiliki cakupan sangat luas (search engine dan juga marketing atau pemasaran).
What is Search Engine Marketing?
Secara umum, search engine marketing (SEM) adalah proses untuk mendapatkan lalu lintas kunjungan atau visibilitas pada mesin pencari. Search engine marketing merupakan istilah umum yang mencakup dua bidang yakni, mendapatkan lalu lintas melalui upaya search engine optimization (SEO) secara gratis dan mendapatkan lalu lintas melalui iklan pencarian berbayar atau lebih dikenal dengan singkatan PPC (pay per klik). Baca juga artikel Menggabungkan PPC dan SEO.Beberapa orang menganggap bahwa search engine marketing berarti mendapatkan lalu lintas yang terbatas melalui iklan berbayar pada mesin pencari itu sendiri yaitu PPC dan CPC (cost per click). Memang ada benarnya, tetapi tidak akurat. Seperti yang saya katakan sebelumnya, search engine marketing merupakan gabungan antara dua komponen berbeda secara luas. Kampanye pemasaran melibatkan branding, penjualan, layanan pelanggan, distribusi, pameran, radio, TV, surat langsung, iklan dan sebagainya. Jadi dalam penerapannya, search engine tidak hanya mencakup periklanan.
Cakupan yang sangat luas dari search engine marketing antara lain SEO, search engine advertising atau iklan pada mesin pencari (CPC dan PPC), link development atau pengembangan tautan pada situs web, dan spesialisasi mesin pencari (video, pencarian lokal seperti Baidu, pencarian pada perangkat mobile, dan sebagainya).
Search Engine Optimizer
Search engine optimizer atau optimasi mesin pencari adalah merancang, menulis, coding (dalam XHTML), dan pemrograman seluruh situs web untuk bersaing dalam mendapatkan kesempatan berada pada halaman utama mesin pencari dengan kata kunci dan frasa yang dipilih. Secara sederhana, search engine optimizer adalah mengoptimalkan kata kunci atau frasa tertentu dari situs web untuk mendapatkan posisi utama pada halaman mesin pencari.Dasar-dasar dari sebuah search engine optimizer untuk mendapatkan posisi puncak dalam mesin pencari antara lain :
- Keyword rich text (kata kunci yang kaya akan kata, artinya sebuah kata yang tidak berdiri sendiri tetapi memiliki banyak turunan)
- Skema navigasi situs yang user-friendly, dan struktur permalink yang mudah terlacak oleh mesin pencari Tautan berkualitas dari pihak ketiga, biasa disebut Inbound Link atau Backlink.
Sebagai contoh, jika anda berjualan komputer secara online melalui website, tentunya anda ingin website anda berada pada halaman utama dengan kata kunci misalnya “komputer”. Tetapi kata kunci “komputer” adalah pencarian yang sangat umum dan tidak tertarget, karena secara umum pengguna akan mengetikan kata kunci seperti apa yang ingin mereka temukan, misalnya “arti komputer, pengertian komputer, pembuatan komputer, beli komputer, komputer murah, dan sebagainya. Artinya bahwa jika anda mengoptimalkan kata kunci umum, maka anda tidak akan mendapatkan kunjungan tertarget dan tidak akan menghasilkan penjulan. Selain itu, anda harus melihat dan menganalisa persaingan.
Ingat, optimisasi mesin pencari adalah merupakan bagian dari seni. Seorang ahli SEO profesional memiliki keterampilan teknis dan kreatif untuk memaksimalkan kata kunci yang dibidik dengan cara-cara yang etis dan sesuai dengan kaidah mesin pencari.
Jika Anda tidak yakin dengan kampanye iklan Anda, kami sebagai konsultan SEO siap membantu Anda dalam mempromosikan produk atau layanan Anda, sehingga memudahkan Anda untuk mengelola bisnis dan menghasilkan penjualan tertarget.
siip mas artikelnya joss...
ReplyDeletewaduh2 jadi gx enak nih kedatangan tamu "big boz"
ReplyDeletehehehe semangat gan... cayooo00